Wisata

Mengenal Rawa Pening di Kab.Semarang

Pariwisata Semarang sedang mengalami naik daun. Banyak objek wisata cantik yang hadir untuk memanjakan wisatawan. Beberapa objek wisata tersebut ada yang sudah dikenal lama oleh orang Indonesia. Wisatawan yang hadir ke Semarang bukan hanya dari dalam tapi juga dari luar negeri. Salah satu objek wisata yang menjadi andalan dari Semarang adalah Rawa Pening Ungaran. Rawa Pening sebenarnya bukanlah bentangan alam berupa rawa yang penuh lumpur. Tempat ini adalah danau yang cantik dan indah. Karena kecantikannya tempat ini sering dijadikan lokasi syuting film dan juga iklan. Warga Semarang patut berbangga hati dengan danau yang satu ini. Jika kamu ke Semarang, sebaiknya kamu juga mampir ke tempat wisata ini. Pasalnya tempat ini juga kaya akan cerita legenda yang sudah terkenal di Indonesia. Cerita tentang rawa pening selalu menghiasi buku dongeng anak Indonesia.

Cerita Legenda Terjadinya Rawa Pening Ungaran

Alkisah terdapatlah seorang anak kecil yang bernama Baru Klinting. Anak ini sangat buruk rupa, penuh luka dan bau amis. Dia di rawat oleh seorang janda tua. Ketika ia menjumpai ayahnya, ayah Baru Klinting malu akan rupa anaknya yang buruk. Ayahnya pun meminta Baru Klinting untuk mengitari Gunung Merbabu. Namun, karea takut anak tersebut mampu menjalani tantangan itu, ayah Baru Klinting memotong lidah Baru Kliting. Tentu saja Baru Klinting sangat marah. Ia datang ke sebuah sayembara untuk mencabut sebuah lidi yang tertancap di tanah. Baru Klinting mencabut lidi tersebut sambil memberi kutukan bagi desa yang telah memperlakukannya dengan buruk. Bekas cabutan lidi Baru Klinting mengeluarkan air yang banyak dan tidak dapat dibendung, hingga menenggelamkan semuanya. Maka terciptalah sebuah danau bening, yang diberi nama Rawa Pening Ungaran.

Lokasi Dan Akses Menuju Rawa Pening Ungaran

Danau ini terletak di kawasan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya sendiri berada di antara 4 kecamatan sekaligus yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyu Biru.  Selain itu Rawa Pening juga terletak diantara lembah 3 gunung. Ketiga gunung tersebut adalah gunung Merbabu, gunung Telomoyo dan gunung Ungaran. Akses menuju danau ini sangat mudah. Jalan menuju ke objek wisata ini telah mulus dan tanpa kendala. Cocok sekali menjadi destinasi wisata keluarga.

Harga Tiket Rawa Pening Ungaran

Harga tiket Rawa Pening sangat murah, kamu hanya perlu membayar sebesar 6000 rupiah per orang saat hari biasa. Namun saat hari libur tiket masuk naik menjadi 7500 rupiah per orang Tentu wisata seperti ini sangat bagus untuk kamu yang ingin berwisata hemat. Ada juga paket wahana yang disediakan di sekitar sini, paket wahana ini seharga 90 ribu rupiah saat hari biasa. Tapi ketika hari libur tiket wahana ini naik menjadi 100 ribu rupiah.

Kelebihan Yang Disajikan Rawa Pening Bagi Pengunjung

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini. Tempat yang masih natural namun terkenal ini menjadi destinasi terbaik bagi warga Semarang. Jika kamu penasaran dengan apa saja kelebihan yang ditawarkan Rawa Pening. Berikut ini kelebihan tersebut :

  1. Air Danau Sangat Jernih

Air danau Rawa Pening sangat jernih. Kamu bisa mandi dan berenang di kawasan wisata ini. Sesuai namanya Rawa Pening yang artinya Rawa Bening. Air yang bening ini menjadi pemandangan cantik tersendiri bagi pengunjung. Apalagi area danau yang cukup luas membuat tempat ini semakin indah. Pemandangan yang ada di sini juga sangat bagus. Dipagari dengan hutan hijau, Rawa Pening semakin cantik dan eksotis. Pemerintah juga telah melakukan banyak perbaikan pada pinggiran danau ini. Tentu saja hal ini untuk menambah nilai wisata bagi Rawa Pening.

2.Banyak Ikan                                                                                                 

Di Danau ini ada banyak ikan air tawar. Bahkan penduduk sekitar danau masih ada yang menggantungkan hidupnya dengan menjadi nelayan di sini. Untuk itu bagi kamu yang hobi memancing. Jangan lupa membawa kail yang bisa kamu gunakan untuk memancing. Memancing di kawasan danau ini sangat seru sekali. Kamu bisa mendapatkan banyak ikan dan pulang tidak dengan tangan kosong.

3.Terdapat Kampung Wisata

Ada sebuah kampung Rawa di sini. Kampung ini merupakan kampung wisata di sekitar danau. Bagi kamu yang datang ke sini, wajib mampir ke kampung ini. Di sini ada banyak fasilitas lengkap untuk para wisatawan. Kamu akan mendapatkan banyak tempat makan di sini. Selain itu, kamu juga bisa naik berbagai macam wahana permainan yang telah disediakan. Namun untuk naik wahana ini kamu harus membayar lebih.

4.Banyak Perahu

Perahu kayu hilir mudik di danau ini. Pengunjung juga bisa menggunakan perahu untuk jalan-jalan keliling danau.Pasti menyenangkan sekali bisa berperahu di danau yang airnya bening. Mendayung perahu di sini juga mudah, karena tidak ada arus maupun ombak besar. Kamu bisa berperahu bersama teman atau pasangan.

5.Belajar Membuat Kerajinan

Banyak sekali enceng gondok di kawasan danau ini. Enceng gondok ini digunakan para penduduk untuk membuat kerajinan tangan seperti tas dan topi. Kamu juga bisa belajar bagaimana cara membuat kerajinan tangan ini. Belajarlah dari penduduk setempat bagaimana cara membuat topi dan tas tersebut. Wisata ini juga sekaligus bisa menjadi sarana edukasi.

6.Banyak Pemandangan Gunung

Kamu akan menemukan banyak pemandangan gunung di sini. Rawa Pening memang di kelilingi gunung, seperti gunung Merbabu dan gunung Ungaran. Hal  ini yang membuat pemandangan di sini menjadi cantik sekali. Gunung ini tampak biru kehijauan dan sangat indah. Kamu bisa melihat pemandangan gunung dari dekat.

7.Memiliki Jembatan Biru

Jembatan biru ini sangat terkenal di kawasan wisata ini. Banyak orang yang datang ke sini untuk berfoto di sini. Spot foto yang satu ini juga sangat bagus. Hasil jepretan foto sangat indah dengan latar belakang danau. Untuk itu kamu jangan lupa membawa kamera terbaik kamu saat ke sini. Kamu bisa berfoto ria di sini sampai puas. Jembatan ini sangat eksotis sekali.

Begitu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Danau Rawa Pening. Jadi wajar saja jika pada hari libur tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk segala usia. Yang perlu diingat, kamu harus menjaga lingkungan danau tetap bersih. Jangan sampai membuang sampah sembarangan. Pemerintah sedang mencari solusi untuk masalah pendangkalan danau. Oleh sebab itu, jangan sampai lingkungan danau tambah rusak dengan adanya sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *